27
Des
10

Info Makan Kesehatan “Jantung Anda”

6 Makanan Sehat untuk Jantung

“Sayangi jantung anda, sebelum merugikan hidup anda”

Kalimat itu sering kita dengar atau kita baca di surat kabar atau buku-buku kesehatan… Kita sering meremehkan kalimat itu, karena kita belum tahu sebab dan akibat jika kita tidak sayang dengan “Jantung” kita. Seperti halnya dengan saya dulu yang tidak terlalu mau memperhatikan jantung saya, sampai akhirnya ayah saya terkena penyakit “Jantung Koroner”.  Sejak saat itu saya selalu mengatur makanan untuk jantung saya dan keluarga saya.

Bagi teman-teman yang mau ikut menjaga kesehatan jantungnnya… Saya kasi info nieh tentang makan yang sehat untuk jantung kita…

Ikan segar

Ikan segar kaya akan lemak sehat, seperti ikan gindara, salmon, kakap, patin, gabus dan lele. Jika kamu vegetarian, lebih baik anda makan alpukat, kenari, wijen, almon, walnut atau kacang-kacangan lainnya. Lemak omega-3 dapat membatu mengontrol keteraruran detak jantung. Detak jantung yang tidak teratur memicu ganguan jantung dan kematian mendadak.

Teh

Teh  jenis apapun, teh hitam, teh hijau, teh oolong, dapat mencegak penyakit jantung dan stroke. Antioksidan berlimpah,terutama katekin yang ada di dalam teh mereddakan kolestrol jahat  LDL dalam merusak pembuluh darah. Mengganti kebiasaan kita minum kopi dengan teh dapat mengurangi asupan kafeein yang kita minum.

Tempe, Tahu dan Susu Kedelai

Kandungan isoflavonnya yang terdapat dalam kedelai dapat membantu mencegah serangan jantung, dengan cara menurunkan kadar kolesterol  berlebihan. Isoflavon kedelai juga mencegah penyumbatan pembuluh darah dan menjaga kelenturannya. Menurut penelitian, orang yang mengidap hiperkolesterolemia / kelebihan kolestrol yang mengganti susu sapi dengan susu kedelai dapat menyusutkan kadar kolestrol 10-20 persen, meskipun tanpa mengubah pola makan.

Bawang putih

Kandungan allin dan allisin dalam bawang putih mampu meredam resiko stroke dan serangan jantung. Senyawa assilin mengurangi kepekatan darah dan menyusutkan kadaar kolestrol LDL 10%

Havermut

Havermut (oat berlimpah serat ) dapat mengikat kelebihan kolesterol darah, untuk dibuang keluar tubuh. Fungsi ini menjadikan havermut ampuh untuk megen dalikan kadar lemak darah, serta mampu mencegah sroke dan mengatasi penyakit jantung. Havermut lebih baik dikonsumsi dengan susu kedelai bukan dengan susu sapi.

Buah-buahan dan Sayuran

Semua jenih buah dan sayuran berlimpah senyawa fotokimiawi, yang berkhasiat mencegah penyakit jantung. Warna dari setiap buah menentukan kadar fotokimiawinya. Hijau untuk betakarotein / klorofil, kuning-jingga untuk berlimpahnya karotein, merah-biru-ungu untuk antisionin


0 Responses to “Info Makan Kesehatan “Jantung Anda””



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: